Tidur Sehat Nabi Muhammad SAW

Untuk hidup sehat kita bisa memulainya dari hal kecil seperti tidur di malam hari, mungkin kamu sudah pernah mendengar bagaimana cara tidur Nabi Muhammad SAW. Tidur Nabi Muhammad SAW merupakan cara tidur yang sangat baik bagi kesehatan, setiap posisi dan waktu yang beliau pilih untuk tidur sangat bermanfaat bagi kesehatan bahkan jauh sebelum ilmu kedokteran berkembang seperti sekarang. Ibnu Qayyim berkata: “Barangsiapa yang memperhatikan pola tidur dan bangun beliau, niscaya mengetahui bahwa tidur beliau tersebut paling proporsional dan paling ber-manfaat untuk badan, organ, dan kekuatan”.

Bagi kamu yang masih belum tau gimana cara tidur Nabi Muhammad SAW, mending baca aja artikel di bawah.

1)  Posisi tidur Nabi SAW adalah miring kesebelah kanan, kemudian beliau berbalik bertumpu sedikit pada sisi kiri agar proses pencernaan lebih cepat karena condongnya lambung di atas hati. Kemudian beliau kembali tidur bertumpu pada sisi kanan lagi, agar makanan segera larut dari lambung. Jadi posisi permulaan dan posisi terakhir tidur bertumpu pada sisi kanan. Selain bermanfaat bagi pencernaan, ada 3 manfaat lain yang dapat diambil dari posisi tidur miring kesebelah kanan.

  • Untuk jalan nafas, tidur miring mencegah jatuhnya lidah kebelakang yang dapat menyumbat jalan nafas. Lain halnya jika tidur pada posisi terlentang maka relaksasi lidah pada saat tidur dapat mengakibatkan penghalangan jalan nafas, penampakan dari luar berupa mendengkur.
    Orang yang mendengkur mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen malah kadang-kadang dapat terjadi henti nafas untuk beberapa detik yang akan membangunkan orang yang tidur dengan posisi demikian. Orang tersebut biasanya akan bangun dengan keadaan pusing karena kurangnya pasokan oksigen ke otak. Tentunya ini sangat mengganggu tidur kita.
  • Untuk jantung, tidur miring kesebelah kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya ini karena posisi jantung yang memang berada lebih disebelah kiri. Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan karena darah yang masuk ke atrium juga banyak, sebab paru-paru kanan berada di atas sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri.
  • Bagi kesehatan paru-paru, paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan. Jika tidur miring kesebelah kanan, jantung akan jatuh kesebelah kanan, itu tidak menjadi masalah karena paru-paru kanan besar, lain halnya kalau bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru-paru kiri yang berukuran kecil.

2)  Meluruskan punggungnya pada saat tidur, manfaatnya adalah supaya organ-organ dalam tidak tertekan, posisi tersebut juga melancarkan peredaran darah.

3)  Sedikit menekuk kaki. Di dunia kedokteran seorang dokter akan meminta pasien menekuk kakinya jika dokter tersebut akan memeriksa perut pasien. Fungsi dari sedikit menekuk kaki adalah untuk mengendurkan otot-otot perut sehingga lebih mudah untuk diperiksa. Menekuk kaki sedikit pada saat tidur menolong organ-organ dan otot otot perut itu sendiri untuk relaksasi lebih sempurna. Sehingga tidur kita lebih nyaman.

4)  Menggunakan telapak tangan sebagai bantal. Kita tentu sering dengar bahwa posisi leher sangat mempengaruhi kualitas tidur. Leher yang tidak lurus pada saat tidur menyebabkan sakit leher pada saat bangun dan biasanya ini menetap beberapa lama sehingga mengganggu aktifitas. Maha suci Allah yang menciptakan tangan sedemikian rupa sehingga apabila kita melihat orang yang tidur dengan telapak tangan sebagai bantal maka antara kepala, leher dan punggung tercipta garis lurus.

Kebuktikan kalau cara tidur Nabi Muhammad SAW begitu banyak manfaatnya bagi tubuh kita, bisa membantu tidur kamu yang suka mendengkur lagi. Kita coba aja yuk.

<berbagai sumber>

30 Tanggapan to “Tidur Sehat Nabi Muhammad SAW”

  1. khezot Says:

    saran yg sanggat bagus untuk d teladani

  2. binamuslim Says:

    nice artikel Gan ..ane copas boleh ngga neh ?? :D

  3. ukhti_tiwi Says:

    afwan salah kirim komentar……..maksud ana kejadian diatas membuat ana sadar ternyata manfaatnya gede buat ana.

  4. yudhi Says:

    kalau bisa sih gan,,,di tunjukkin gambarnyaaa,,biar ga bingung,,,hehhehe,,makasih yaa gan atas infonyaa

  5. Hotel Bintang dan Melati Murah Says:

    wah ini harus diterapkan nih…. makasih ya

  6. dina Says:

    subhanallah, cara tidur rasulullah sangat bermanfaat ya :). dicoba ah :D

  7. Irsan Says:

    Memang sehat.. tapi karena udah biasa tidur amburadul.. jadi susah,,!

  8. Slam Says:

    Asslm…mhon izin untk ana copy.sukron sblumnx

  9. hambaliblog Says:

    sungguh pada diri Rasululloah SAW terdapat contoh yang baik.

  10. Riezca Says:

    Alhamdulillah setelah membaca artikel ini saya bisa menambah pengetahuan lagi dan insyAllah akan saya amalkan.
    Terima kasih.

  11. muhammad yusuf afriza Says:

    alhamdulillah,smenjak sya mengamal kan cra tidur rasulullah,bdan sya lebih ringan n bertenaga…thank you.

  12. pingin hidayah Says:

    saya dah tau lama tapi belum praktik… saya niatin mulai nanti malam deh insyaAllah…

  13. dalillah salsabila Says:

    aku coba ah…. biar tidur q nyenyak

  14. Budhi Prayogha Says:

    semogha aku bisa mencontohnya amiin

  15. HAST Says:

    SUBHANALLAH , MAHA SUCI ALLAH YG TELAH MENCIPTAKAN NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI USWATUN HASANAH KITA

  16. annisa Says:

    artikelx bagus n brmanfaat,, :)

    makasiih atas infox,, :D

  17. cocuk nakmalasiyae Says:

    subhanaallah , artikel yang bagus buanget untuk di amalkan , info ny mantaf bnget kak , mksih info nya kak,, syukran kasiran akhi

  18. Puji s Says:

    Subhanalloh…

  19. mrudyawan Says:

    Saya punya penyakit maag dan setelah mencoba cara tidur seperti nabi, alhamdulillah, itu baru cara tidur nya belum yang lainnya seperti bacaannya dan lain2 nya.

  20. St. Widjaya Gandhi Says:

    akan saya coba untuk d realisasikan dalam kehidupan sehari-hari…
    insyaAlloh dengan merutinitaskannya akan bisa lbh efisien hasilnya…
    bismillah.. O:)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: