Idol Group JKT48

jkt48 member

Sebagian pembaca mungkin pernah melihat idol grup ini dibeberapa iklan televisi, salah satunya iklan pertama mereka yaitu Pocari Sweat. Ya mereka adalah idol grup JKT48 (dibaca: Je Key Ti Fourty Eight), sister grup AKB48 pertama diluar jepang.

Sekilas ada baiknya kita ketahui dulu apa itu AKB48.
AKB48 (dibaca: E Key Bi Fourty Eight) adalah idol grup yang dibentuk oleh Yasushi Akimoto, seorang pencipta lagu dan sekaligus memproduseri idol grup AKB48 itu sendiri dan tentunya yang memproduseri JKT48. AKB48 mempunyai beberapa sister grup, antara  lain SKE48, SDN48, NMB48, HKT48, dan JKT48.

Berbeda dengan sister grup lainnya yang berbasis di negri sakura Jepang, JKT48 ini berbasis di Jakarta, Indonesia. Dengan mengusung konsep yang sama seperti kakaknya AKB48 yaitu “Idol You can Meet” (Idola yang dapat kamu temui) JKT48 ini terbentuk sebagai satu idol grup yang memiliki orisinalitasnya tersendiri.

Kok, disebutnya idol grup sih bukan girlband? Yup, karena JKT48 ini berbeda dengan Girlband yang sedang marak diranah musik Indonesia saat ini.

Sedikit penjelasan mengenai bedanya Girlband dengan Idol grup.
Girlband adalah grup musik yang terdiri dari beberapa gadis berjumlah minimalnya 4 orang yang memang sudah dilatih dance, vocal, dan penampilannya selama beberapa tahun, setelah itu baru disajikan atau ditampilkan ke halayak publik dalam 1 paket yaitu Girlband.

Sedangkan Idol Grup adalah grup musik beranggotakan gadis-gadis remaja yang rata-rata berumur belasan tahun dan memang sedari awal sebelum mereka mahir menari dan menyanyi sudah diperkenalkan ke halayak publik, sehingga para fansnya dapat melihat langsung perubahan apa saja pada Oshimen-nya (member yang diidolakan) baik dari segi vocal, dance, atau penampilannya dari waktu ke waktu.

Dalam dunia peridolan ada yang dinamakan graduate, side grup dan kenkyusei.
Graduate, sesuai dengan artinya yaitu kelulusan. Setiap member yang akan fokus sekolah dan berhenti menjadi idol atau member ingin melanjutkan karirnya lepas dari management Idol Grupnya sekarang, biasanya member tersebut akan mengumumkan Graduate nya dari Idol Grup tersebut.
Side Grup, biasanya producer memilih satu atau dua member dari idol grup utama kemudian membuat Side Grup.
Kenkyusei adalah bibit-bibit member yang dilatih dan dipersiapkan untuk nantinya bisa debut, terkadang juga untuk mengisi posisi member yang telah graduate.

Idol grup tidak hanya dibentuk untuk sekedar menari dan menyanyi diatas panggung saja tetapi juga berakting, menjadi model iklan dan majalah, menjadi MC suatu acara televisi dan lainnya.

Salah satu yang membedakan idol grup 48 family dengan idol grup lainnya adalah Teater. Di Jepang sana, AKB48 memiliki satu teater yang khusus dipakai untuk perform mereka setiap hari, begitu juga dengan sister grup mereka yang lain mempunyai satu teater masing-masing.

Walau untuk saat ini JKT48 belum memiliki teater seperti kakaknya AKB48, tetapi JKT48 terus berusaha menghibur para fansnya yang biasa disebut WOTA ini dengan tampil dibeberapa acara music televisi seperti 100% Ampuh, Inbox, IPOP, Hitzteria, dan Dahsyat. Tidak hanya tampil diacara musik televisi, JKT48 juga menghibur fansnya melalui acara Meet & Greet (M&G) dibeberapa Mall di Jakarta.

Sampai saat ini JKT48 telah menghasilkan beberapa lagu, yaitu “Heavy Rotation”, “Aitakatta”, dan “Kimi no Koto ga Suki Dakara”, kabarnya sekarang ini mereka sedang mempersiapkan lagu keempatnya. Dan ada satu kejutan terbaru yaitu acara televisi yang bertemakan JKT48 School, belum banyak info yang dikeluarkan dari pihak management mengenai JKT48 School ini akan berupa Variety Show atau berupa Sitkom.

Tapi kabar yang berhembus sekarang, JKT48 School ini akan mulai tayang pada tanggal 15 April 2012 di GlobalTV.
Pada tanggal 20 Maret kemarin mereka sudah mulai syuting buat episode pertamanya.

Well kita tunggu aja ya, makin penasaran malah makin seru nanti kejutannya.

JKT48 School

Ingin lebih kenal sama member-member JKT48? Langsung aja klik official site nya >> www.jkt48.com

7 Tanggapan to “Idol Group JKT48”

  1. Dzikri Muhamad Ansar Says:

    Gan mau tanya,kan pas opening JKT 48 SCHOOL ada cuplikan perfromnya AKB48,SKE48,NMB48,nah saya mau nanya apa nama lagu AKB,SKE,DAN NMB48 saat di opening JKT 48 school?

    TERIMA KASIH!

    Tapi bukan lagu:
    AKB48 – GIVE ME FIVE
    AKB48 – Baby!Baby!Baby!

  2. Del Says:

    Melody I Love Youuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu~ :*

  3. Irfan Nurresal Says:

    Beraninya Kau Mengatakan Itu Pada Melody Settai Yurusanai Melody Adalah Orang Yang Akan Menjadi Miliku

    Gak Akan Kubiarkan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: