Satu dari Lima Perceraian Disebabkan Facebook

Perceraian Disebabkan Facebook Situs jejaring sosial, yang menghubungkan antara seseorang dengan teman lamanya sekaligus membuat penggunanya bisa berkenalan dengan orang baru secara online, disebut-sebut sebagai salah satu penyebab meningkatnya jumlah perpecahan rumah tangga.

Para pengacara perceraian mengklaim bahwa ledakan popularitas situs jejaring sosial seperti Facebook dan Bebo memancing pengguna untuk mengkhianati pasangannya.

Pasangan yang curiga juga memanfaatkan situs jejaring sosial tersebut untuk menemukan bukti-bukti bahwa telah terjadi pendekatan atau bahkan hubungan gelap yang menjurus ke perceraian.

Salah satu firma hukum yang khusus menangani masalah perceraian mengklaim, hampir satu dari lima kasus perceraian yang mereka proses menyebutkan Facebook sebagai salah satu sumber masalah.

“Saya mendengar dari staf saya bahwa banyak orang yang menyebutkan bahwa mereka menemukan banyak hal seputar partner mereka di Facebook,” kata Mark Keenan, Managing Director Divorce-Online, seperti VIVAnews kutip dari Telegraph, 30 Desember 2009.  

“Saat saya memutuskan untuk menelaah lebih lanjut sejauh mana hubungan antara Facebook dan perceraian, saya sangat terkejut melihat bahwa 20 persen gugatan cerai menyantumkan Facebook sebagai salah satu dasarnya,” kata Keenan.

Keenan menyebutkan, alasan yang paling banyak muncul adalah pengguna melakukan perbincangan seputar seks dengan orang yang tidak sepantasnya. “Email menggoda dan pesan-pesan yang ditemukan di halaman Facebook juga semakin banyak digunakan sebagai bukti perilaku yang menyimpang,” ucap Keenan.

Popularitas situs Friends Reunited beberapa tahun lalu juga sempat dituduh sebagai penyebab terjadinya lonjakan dalam perceraian saat suami dan istri yang sedang mengalami kebosanan menggunakannya untuk menghubungi kekasih lama ataupun cinta pertama mereka.

Angka perceraian di Inggris memang telah turun dalam beberapa tahun terakhir. Akan tetapi, dua (2) dari lima (5) percerian terjadi masih cukup tinggi dari sisi statistik.

Keenan menyebutkan, angka perceraian rata-rata kemungkinan akan meroket di tahun 2010 mendatang, dengan resesi global yang terjadi di 2008 dan 2009 mulai memberikan dampaknya.

<Muhammad Firman, Muhammad Chandrataruna – 30 Desembervivanews.com>

19 Tanggapan to “Satu dari Lima Perceraian Disebabkan Facebook”

  1. udienroy Says:

    wah keberadaan Facebook membawa suka duka, banyak kejadian buruk akibat Facebook. ada juga gembira berkat facebook.

  2. Mamah Aline Says:

    salah satu dampak buruk dari fb ya perceraian selain waktu jam sibuk yang terbuang karena OL bersama CLBK

  3. kidungjingga Says:

    heheh… balik ke pribadi masing2 deh ya… bagaimana memanfaatkan fasilitas yang ada, mau dibawa ke arah yang positif atau negatif..

  4. yangputri Says:

    gak usah fb-an aja deh kalo getooo

  5. Fiya Says:

    somboong niiii

    heheheh

    hmmm..
    gara2 FB juga saia sering berantem duluh..

  6. the riza de kasela Says:

    untung saia belum nikah
    Hihihi

  7. Vie Says:

    Betul bgt tu kt harus bnr2 jaga mata jg telinga trz kt mst komit ma hbngn rmh tngga mslg fb jd alasan percerayan g jg tuh gmn msng2 orngny aja yg pntng kt setia ma pasangan kt msng2 dan gda kecurigaan plg klo danany lbh bnyk dr suami kt sbgai istri pzt tmbh setia betul ga hehehe

  8. alisnaik Says:

    selamat pagi

    yah, facebook kebanyakan saya gunakan buat bercanda sama teman-teman.
    sekedar merilekskan diri

    terima kasih dan mohon maaf😮

  9. ant Says:

    salam…

    weh, ya klo dah punya pasangan atau istri ya harus direduksi main FBnya atau bikin account bersama hehehe biar bisa saling mengontrol….
    saya maen FB sekarang lebih sering nge-tag temen2 dalam posting heheh nais inpho….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: