5 Resolusi yang Bisa Dimulai dari Sekarang

Gigit Kuku Semua orang tentu memiliki kebiasan buruk, tak terkecuali Anda. Mungkin ada beberapa kebiasaan yang Anda sendiri mengaku sulit untuk menghentikannya.

Tapi, tak ada salahnya kalau di tahun yang baru Anda mencanangkan resolusi untuk menghentikannya. Berikut 5 tips yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengurangi kebiasaan buruk yang dialami orang pada umumnya.

1. Kebiasaan Buruk: Gigit kuku

Selain membuat bentuk kuku menjadi tidak bagus, kebiasaan ini juga bisa mengganggu pertumbuhan kuku secara normal.

Menurut Angelica Kaner, profesor klinik asal Yale University Medical School, manicure sekali dalam seminggu mungkin bisa dicoba. Karena bila kuku terlihat cantik, Anda akan merasa sayang untuk menggigitnya.

2. Kebiasaan buruk: Lupa sikat gigi

Selain membuat gigi terlihat bagus dan cantik, sikat gigi bisa membuat Anda tercegah dari serangan penyakit gigi dan gusi. Studi di tahun 2005, dalam jurnal Circulation menunjukkan bahwa kelupaan sikat gigi, yang menyebabkan bakteri-bakteri yang higgap di mulut berkembang biak, membuat risiko Anda terkena stroke atau serangan jantung lebih besar.

Karena itu, dalam resolusi baru nanti, jangan lupa ubah kebiasaan Anda untuk menyikat gigi sebelum dan setelah tidur.

3. Kebiasaan buruk: Menguras isi kulkas tengah malam

Makan di larut malam sebenarnya tidak buruk jika Anda merasa lapar. Tetapi, menurut studi Oregon Health & Science tahun 2005, jika ini menjadi kebiasaan, bagi mereka yang yang rentan penyakit mulas, jika berbaring setelah makan akan membuat mereka mudah muntah dan memudahkan asam lambung mengalir ke kerongkongan.

Untuk itu, tetap fokus pada pekerjaan Anda, apapun itu, hingga mengantuk. Misalnya mengetik e-mail, menyelesaikan puzzle, menggunakan BlackBerry Anda, atau meditasi.

4. Kebiasaan buruk: Merokok

Jika Anda perokok, tahun 2010 bisa menjadi tahun terbaik bagi Anda untuk berhenti merokok. Memang sulit, kendati Anda telah mengetahui risikonya, mulai dari serangan jantung, kanker paru-paru, emphysema, kanker mulut, tenggorokan, dan seterusnya.

Selain mengetahui lebih dalam risikonya bagi kesehatan Anda di masa depan, uang juga bisa menjadi pertimbangan. Anda tentu tidak mau menyia-nyiakan 10-15 juta rupiah tiap tahun untuk asap, abu, dan bintik-bintik hitam di paru-paru yang sebelumnya bewarna pink.

Solusinya adalah konsultasikan ke dokter apa obat yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan rasa candu terhadap rokok. Misalnya, Zyban, yakni antidepresan yang membantu Anda mengurangi gejala penarikan psikologis, seperti frustasi, gelisah, cemas, dan mudah marah. Atau, Chantix, yang mampu mem-blok efek nikotin pada otak Anda, yang juga membantu Anda mengurangi nafsu makan. Menurut sebuah studi, 44 persen perokok bisa berhenti setelah 12 minggu mengonsumsi Chantix.

5. Kebiasaan buruk: Berjemur matahari

Sinar UV yang terpancar dari sinar matahari dapat merusak DNA kulit, meningkatkan resiko kanker kulit. Bahkan, 90 persen dari kulit keriput, bintik-bintik cokelat, dan kendur, menurut American Skin Association, disebabkan oleh sinar matahari.

Untuk itu, pakailah tabir surya setiap hari pada bagian tubuh Anda yang terkena sinar matahari secara langsung, terlebih lagi jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Yayasan kanker kulit menyarankan agar Anda menggunakan 1 ons SPF 15 sunscreen dengan proteksi UVA dan UVB di seluruh permukaan tubuh selama 30 menit.

<Petti Lubis, Muhammad Chandrataruna24 Desembervivanews.com>

14 Tanggapan to “5 Resolusi yang Bisa Dimulai dari Sekarang”

  1. Fiya Says:

    Hemh,
    Bkn kEBiasaanq sEMua yg diaTas. ALhamdULiLAh.
    Hehehe.

  2. farus Says:

    setubuh…salah setuju….boleh-boleh..semangat…mat tahun baru…..

  3. Siti Fatimah Ahmad Says:

    Assalaamu’alaikum

    Artikel di atas amat menarik sekali. tips-tips yang dipaparkan menunjukkan kebiasaan yang dilakukan tanpa disedari atau disedari. alhamdulillah, saya tidak mempunyai tabiat sedemikian. salam mesra Fauzikun dai Sarikei, Malaysia.

  4. the riza de kasela Says:

    ngeblog termasuk hal yang perlu dihindari gak?
    Ngabisin banyak waktu nih
    Hihihi

  5. Agus Kusuma Says:

    alhamdulillah tak satupun kebiasan buruk yg disebutkan diatas trmasuk yg sering saya lakukan, apalagi menguras isi lemari mlm hari, sy cuman ngabil dikit ga sampai saya kuras hihihihihihihihi…….:-)

  6. Ruang Hati Says:

    memulai semua dengan benar, meninggalkan kebiasaan lama yang buruk

  7. alisnaik Says:

    resolusi saya tahun 2010: tidak membuat resolusi yang muluk-muluk😛

    yeaach !!! rokok patut di-bumi-hangus-kan !!
    *semangat jihad palestina*


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: