6 Langkah Mudah Ajarkan Anak Soal Seks

Ajarkan Anak Soal Seks VIVAnews – Masalah seks seringkali dianggap tabu diketahui anak-anak. Namun, seiring berkembangnya teknologi di dunia modern ada baiknya anak-anak mengetahui tentang informasi seputar seks dari orangtuanya sendiri.

Pasalnya, saat ini banyak sumber informasi termasuk dari internet, TV dan teman sebayanya. Jika si kecil tidak mendapat informasi yang tepat, terutama dari Anda sebagai orangtuanya, bisa jadi anak salah mengartikan informasi seputar seks.

Bingung mencari cara mengedukasi anak tentang seks? Cari tahu jawabannya pada step by step mendidik anak di rumah seputar masalah seks berikut ini.

Langkah 1
Memulai percakapan. Anak-anak mungkin tidak akan berpaling dari orangtua ketika diajak bicara soal seks. Persiapkan jawaban dari pertanyaan yang mungkin mereka ajukan dalam bahasa sederhana. Misalnya, “Dari mana datangnya bayi?” , atau “Mengapa laki- laki dan perrempuan berbeda?”.

Langkah 2
Diskusikan nilai. Dalam suatu aktivitas seks atau seputar masalah seks, ada nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Orangtua perlu memasukkan nilai-nilai tersebut dalam percakapan. Salah satunya, nilai-nilai agama. Orang tua harus menyatakan nilai-nilai yang ada secara jelas.

Sebagai contoh, jika Anda percaya, tidak boleh ada seks di luar nikah, hal ini harus ditekankan. Rasa hormat dan martabat antara pria dan wanita juga dapat didiskusikan dalam konteks nilai-nilai.

Langkah 3
Bicara tentang hubungan. Bicara tentang konsep seks antara dua orang berarti ada hubungan antara dua orang. Beritahu pada buah hati Anda, ada makna kepercayaan antara pasangan yang dapat dibicarakan. Gunakan contoh-contoh dari kehidupan Anda untuk menggambarkan arti kepercayaan.

Langkah 4
Membicarakan masalah emosi. Menekankan perbedaan antara emosi dan keinginan. Katakan padanya, saat melakukan seks harus ada rasa cinta antar pasangan. Dengan adanya rasa cinta, seseorang bisa tertarik untuk berhubungan seks.

Langkah 5
Sorot konsekuensi dari seks. Diskusikan konsekuensi positif dan konsekuensi negatif jika pasangan berhubungan seks. Meskipun mungkin ada kepuasan jangka pendek, ada konsekuensi jangka panjang.

Perasaan bisa terluka, dan perasaan orang mungkin merasa hancur jika pasangan kehilangan minat seksual dalam hubungan. Seks membawa tingkat baru keintiman, dan keintiman ini bukanlah sesuatu yang dapat dihentikan. Kehamilan adalah konsekuensi lain yang harus dibicarakan.

Langkah 6
Jelaskan tindakan biologis. Deskripsi tentang apa arti seks harus diungkapkan dengan bahasa yang mudah dipahami anak-anak. Lakukan diskusi dengan bahasa yang ringan dan gunakan pandangan medis yang juga menggambarkan fungsi biologis.

Nah, buat agan-agan yang sudah memiliki buah hati yang sudah SD,SMP, atau SMA, butuh banget nih infonya buat dijelaskan kepada anak-anaknya agar tidak salah mengartikan “Apa itu seks?”🙂
Semoga Bermanfaat.

<sumber: Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti24 Desembervivanews.com>

34 Tanggapan to “6 Langkah Mudah Ajarkan Anak Soal Seks”

  1. udienroy Says:

    waduh info buat orang tua ke anak nih, hehe masalahnya aku masih single. hmm nggak nyambung yaa

  2. bundadontworry Says:

    sewaktu anak2 bunda masih kecil2 , bunda selalu menjawab pertanyaan seputar masalah seks, sesuai dengan umur mereka, dan bahasa yg mudah dimengerti baik ttg organ2 tubuh yg berbeda antara laki2 dan perempuan ,maupun ttg aktivitas seks (kalau yg ini setelah mereka menginjak usia remaja).
    Jadi, apapun yg mereka ingin tahu ttg seks, mereka menanyakan langsung pd kami sbg ortu, dgn keyakinan bahwa info dr kami tdk akan menyesatkan,
    Kesimpulannya, selama hubungan komunikasi dua arah baik dlm keluarga, maka akan mudah utk mengakomodir masalah apapun.
    salam.

  3. alfarolamablawa Says:

    great posting bro…
    seks bukan hal tabu lagi sekarang..pengenalan seks sejak usia dini menjadi kebutuhan sekarang. Langkah-langkah diatas sungguh membantu..

    • fauzikun Says:

      makasih deh kalo itu bisa menambah info agan🙂
      emang bener gan, di warnet aja sekarang banyaknya anak” SD, jadi musti segera diajarkan sejak dini tentang seks education😛

  4. Fiya Says:

    Waduh,
    Kalw dah punya anak nanti, saia bisa gak ya ngajarin na? Hm

  5. tutup botol Says:

    tp dl ortu saia koq ga pernah beri plajaran ttg seks yah????

  6. the riza de kasela Says:

    SEX itu apaan sih mas?
    Bisa dimakan gak?
    Hihihi

  7. JakaPrasetya Says:

    Ane passs aja deh gan, risih ane😀

  8. Hairullah Says:

    Buat anak kok coba-coba???????😀

  9. alisnaik Says:

    selamat pagi

    akhir akhir ini banyak orangtua mengajarkan seks kepada anaknya, tapi dengan cara yg gak benar dan bejat.

    yakni “AYAH MEMPERKOSA PUTRI KANDUNGNYA SENDIRI”
    ck ck ck ck😐

    terima kasih dan mohon maaf😮

  10. elmoudy Says:

    gw belum terpikir bagaimana mengajari anak tentang seks..
    mungkin yg pertama kali kuperkenalkan adalah tentang apa dan siapa itu lawan jenis.. hehe…
    tau lahh… nunggu 5 taon lagi…

  11. Rizal Islami Says:

    best info………..

  12. yangputri Says:

    ajari aku dong…. xixixixiixixixi

  13. KangBoed Says:

    😆😆😆😆😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fuuullllllllllllllllllllllllllllllll

  14. KangBoed Says:

    😆😆😆😆😆

    Nais Info mangstaaaaaaaaabs

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fuuullllllllllllllllllllllllllllllll

  15. Ruang Hati Says:

    fajar menyingsing, menyapa para sahabat di awal hari, hanya turut berharap kesuksesan menyertai kita hari ini, salam buat Bang fauzikun beserta keluarga


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: