Wiro Sableng Pendekar Kapak 212

alm. BastianTito & WiroSableng Wiro Sableng atau Pendekar Kapak Naga Geni 212, adalah nama tokoh fiksi dalam seri buku yang ditulis oleh alm. Bastian Tito (23 Agustus 1945 – 2 Januari 2006). Wiro terlahir dengan nama Wira Saksana yang sejak bayi telah digembleng oleh gurunya yang tekenal di dunia persilatan dengan nama Sinto Gendeng. Wiro adalah seorang pendekar dengan senjata Kapak Maut Naga Geni 212 dan memiliki rajah/tattoo "212" di dadanya. Wiro memiliki banyak kesaktian yang diperoleh selama petualangannya di dunia persilatan, dari berbagai guru.

Layaknya seorang pendekar tangguh, Wiro Sableng mempunyai senjata yang sangat ampuh, yaitu:

1. Kapak Maut Naga Geni 212
Senjata utama Wiro Sableng. Sebuah kapak besar bermata dua, dengan gagang berupa seruling dan ujung gagang berbentuk kepala naga. Di masing-masing mata kapak terukir angka 212. Di seri pertama Wiro Sableng : “Empat Berewok dari Goa Sanggreng”, dikatakan bahwa kapak ini terbuat dari logam dan gading. Mulut ukiran naga dapat menembakkan jarum-jarum beracun, dengan jalan menekan tombol rahasia pada kapak. "Seruling" di gagang kapak dapat ditiup dan mengeluarkan suara yang sangat dahsyat. Beberapa musuh WIro Sableng yang tidak dapat dibunuh dengan kesaktiannya yang lain, dapat dikalahkan atau dibunuh dengan bunyi seruling ini, misalnya : Dewi Siluman dari Bukit Tunggul pada episode “Dewi Siluman dari Bukit Tunggul,” atau nenek Arashi pada episode “Pendekar Gunung Fuji.” Kapak ini baru dapat digunakan dengan mengerahkan tenaga dalam. Tebasannya terlihat seperti sinar putih dan mengeluarkan bunyi seperti dengungan ratusan tawon. Kapak ini juga mengandung racun mematikan. Pada episode “Tiga Setan Darah dan Cambuk Api Angin,” di akhir episode, pemegang Cambuk Api Angin terbunuh oleh racun ini, setelah tangannya putus ditebas Kapak Maut Naga Geni 212.

2. Batu Hitam 212
Batu hitam (batu bara? coal briquette?) seukuran telapak tangan orang dewasa, berukir angka 212. Jika batu hitam ini diadu dengan mata Kapak Maut Naga Geni 212, dapat memercikkan semburan api besar yang sangat panas.

3. Bintang 212
Senjata rahasia berbentuk bintang dengan ukiran angka 212, digunakan dengan cara dilemparkan, seperti senjata "shuriken" milik ninja. Bintang 212 digunakan dalam episode Keris Tumbal Wilayuda dan Rahasia Lukisan Telanjang.

Wiro juga mempunyai jurus-jurus atau kesaktian hebat yang biasa dia gunakan untuk melawan musuh-musuhnya, yang ia dapat dari Guru silatnya, “Sinto Gendeng alias Sinto Weni” dan seorang pria tua yang biasa disebut “Tua Gila” paman guru (kakak seperguruan eyang sinto gendeng).
Beberapa kesaktian Wiro Sableng

Sinema laga jaman waktu saya kecil nih gan😀 dulu sering banget nontonnya.
Download soundtrack Wiro Sablengnya nih gan lumayan buat nostalgiaan.😛

29 Tanggapan to “Wiro Sableng Pendekar Kapak 212”

  1. bocahbancar Says:

    Wiro wiro sableng, sinto sinto gendeng…😀

    Saya masih inget betul lagunya🙂

  2. Siti Fatimah Ahmad Says:

    Assalaamu’alaikum

    salam kenal dan terima kasih kerana sudi berkunjung ke laman saya. Bagus juga ya cerita pendekar di atas punya sakti yang macam-macam. Mudahan kita juga punya kesaktian diri yang terhasil dari keajaiban otak sehingga dapat melahirkan cerita fiksi seperti di atas.

    Salam mesra dari Bangi, Malaysia.

  3. Hairullah Says:

    Wiro Santono itu nama aslinya, lain dari ibu bernama suci. Dengan anaknya bernama raden karawulang, dan di besarkan oleh seorang guru, bernama sinto weni, alias eyang sinto gendeng, atau sinto. Sinto gila… Wiro sableng memiliki sebuah senkata sakti, berupa kapak . Bermata dua, berbulu 1 berkepala naga,.. Kapak negi geni 212 namanya, yang hebat. Yang siap membasmi orang2 jahat.. Yaw yaw yaw…

    Lagi ngerap nih gan😀

  4. yangputri Says:

    waahhh wiro sableng yaaa……
    menurut aku wiro sableng pendekar yang aneh dan kocak…….

  5. dobleh yang malang Says:

    dulu blue penggemar wiro sableng karena blue sendiri sableng……….hehehhe
    salam hangat selalu

  6. budies Says:

    lantas 212 itu sediri apa maknanya ya…

    • fauzikun Says:

      itu nomor kepaksa gan😀 tadinya mau 234, cuman udah dipake ma merek rokok, jadi si wiro makenya 212:mrgreen:

    • fauzikun Says:

      Angka 212 memiliki makna di dalam kehidupan
      Dalam diri manusia terdapat dua unsur
      Ingat dunia ingat Tuhan
      Segala yang ada di dalam dunia ini
      Terdiri atas dua bagian
      Yang berlainan namun merupakan pasangan
      Semuanya tak dapat terpisahkan

      sesuai yang ada dalam lirik lagunya:mrgreen:

  7. KangBoed Says:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

    ‘TUK SEMUA SAHABAT SAHABATKU TERSAYANG

    ” I LOVE YOU PUUUUULLLLLLLLLLL “

  8. KangBoed Says:

    MANGSTAAAAAAAAAAVBZ

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

    ‘TUK SEMUA SAHABAT SAHABATKU TERSAYANG

    ” I LOVE YOU PUUUUULLLLLLLLLLL “

  9. vicky Says:

    tenkyu certianya…… adi inget masa masa SD,

  10. udienroy Says:

    tapi film ini sudah tidak tayang lagi. padahal bagus lho. film wiro banyak juga yang tiruan dan kayaknya kurang mantep. hehe

    • fauzikun Says:

      dulu pernah pas sayah SMA (kalo gk salah) ditayangin lagi di RCTI. cuman kayaknya gk sampe selese tuh😐
      yah lumayan lah mengobati kerinduan pada sinema laga ini😛

  11. Hairullah Says:

    Gara2 tahun 90-an tv gak ada .. Jadi gk pernah nonton wiro sableng amp tamat, tapi ada tayanganya di rcti, gak sampai tamat di berhentiin acaranya..

  12. alisnaik Says:

    kalo gak salah, dulu tayangnya Wiro Sableng ini tiap hari Minggu jam 10 atau 11 gitu.

    emang top markotop ini pendekar.

    mungkin akan menarik kalo diangkat ke layar lebar

    • fauzikun Says:

      klo gk salah sih dulu tayangnya jam 11🙂

      setuju gan klo diangkat ke layar lebar, apalagi dengan efek grapik komputer sekarang ini yang udah canggih,
      bisa makin hebat aja tuh jurus ‘Kunyuk melempar buah’ milik si Wiro😀

  13. ibnuanwaralilafy Says:

    mmmmmmmmmmm dunia laga…..

  14. Luck Says:

    ada ga’ yg bisa uplotin video²x Wiro Sableng.
    aku mau download nih~
    mau nonton lagi film yg jaman dulu itu.

  15. ghofur Says:

    mintab links buat download film wiro sableng donk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: