Hubungan Warna Pink dan Wanita

Pernah menanyakan pada diri sendiri dan terngiang di benak kepala, kenapa sih wanita menyukai warna merah muda atau pink? Setiap kali berjalan berduaan ke Mall trus si ceweknya ngeliat boneka atau barang-barang berwarna pink pasti bilangnya “Ihh lucu banget, beliin dong Bang” emang susah buat nolak klo yang mintanya pacar sendiri.wanita dan pink

Dan ternyata memang warna merah muda alias pink, identik dengan anak perempuan. Jika ada bayi perempuan lahir, maka semua asesorisnya diberi warna pink. Kalau lelaki, maka warnanya biru. Andai ada lelaki pakai baju pink, maka akan diledek, “Uh, kayak cewek lu!”. Mengapa pink identik dengan cewek? Ilmuwan asal University of Newcastle dalam jurnal Current Biology memaparkan sebab musabab ilmiahnya.

Dipimpin oleh Dr. Anya Hurlbert, tim ini melakukan ujicoba pada 200 lelaki dan perempuan berusia 20-an. Mayoritas perempuannya menjawab bahwa mereka suka warna paduan biru dan merah, tapi benci warna hijau dan kuning. Mereka terdiri dari dua jenis ras berbeda, Inggris dan China. Ternyata selera warna tidak dipengaruhi oleh budaya etnis, melainkan faktor biologi.

Wanita cenderung memilih buah matang, kenapa?

“Evolusi menyebabkan perempuan menyukai warna kemerahan. Mereka cenderung memilih buah warna merah, wajah kemerahan. Budaya juga memberi andil di dalamnya,” ujar Dr. Hurlbert. Bisa jadi ini akibat peran kaum perempuan sejak dulu adalah memilih bahan pangan untuk keluarga. Kebiasaan turun temurun untuk mencari buah matang yang identik dengan warna merah, menyebabkan sampai saat ini “anak cucu” Hawa itu meyukai warna merah atau kemerahan.

Sedangkan lelaki cenderung suka warna biru sebab memang tugas mereka sejak lama adalah mencari sumber air bagi keluarga atau sukunya. Warna biru identik dengan sumber air yang baik, bisa dikonsumsi. Mereka juga menganggap bahwa langit biru cerah adalah pertanda cuaca yang bagus untuk berburu.

Studi ini memicu Yazhu Ling, rekan Hulbert, untuk mengadakan riset lanjutan. Ia akan melakukan studi pada anak-anak dan menginvestigasi hubungan antara pilihan warna dan tingkat depresi mereka.

Sekilas tentang sejarah warna Pink
Pink adalah warna merah pucat, penggunaan kata untuk warna pink pertama kali tercatat pada akhir abad ke-17 yang menggambarkan bunga-bunga merah muda, tanaman berbunga dalam genus Dianthus. Roseus adalah kata Latin yang berarti “rosy”(warna merah) atau “pink”(merah muda). Lucretius menggunakan kata untuk menggambarkan fajar dalam puisi epik On The Nature of Things (De Rerum Natura). Kata roseus/pink ini juga digunakan dalam nama binomial dari beberapa spesies, seperti Rosy Starling (Sturnus roseus = sejenis burung) dan Catharanthus roseus (sejenis bunga).

Ternyata kesukaan warna itu terpengaruh dari keadaan sekitar dan kegiatan yang kita sering lakukan gan, istilanya yahh ‘kebiasaan’. Tidak semua orang menyukai satu warna yang sama, karna setiap orang memiliki kebiasaan dan kegiatannya masing-masing.

Kalo warna yang mencerminkan sifat mu apa gan???

21 Tanggapan to “Hubungan Warna Pink dan Wanita”

  1. arkasala Says:

    saya merasakan kalo saya suka biru🙂 he he
    Terima kasih Mas sudah berkunjung ke Blog saya.
    Salam kenal dan salam sukses selalu🙂

  2. arkasala Says:

    Ohya Linknya sudah saya pasang ya. Trims sekali atas kerja samanya.
    Semoga persahabatan kita akan selalu terjalin dengan baik.
    Salam

  3. mandor tempe Says:

    kalau saya disuruh milih antara warna biru dan pink, sepertinya saya juga akan memilih warna biru.

  4. Rizal Says:

    info yg bagus nih …
    jadi itu hasil penelitiannya yaa ..
    pantesan saya suka banget warna biru .. 😀

  5. nDa Says:

    cewek suka pink??? bukan saia tentunya…hehehehe…pilih biru aja dech..

  6. Fiya Says:

    Saia CWek tp sUKa paduAN biRU daN hitAM. Hehehe.

    • fauzikun Says:

      hehe, kan zaman sekarang mah udah berbeda kebiasaan ma lingkungannya juga.
      klo sekarang kan ada juga cewek yang jadi penyanyi Rock, dan biasanya suka warna hitam. jadi tunjukan aja warna mu sendiri🙂

  7. alisnaik Says:

    selamat pagi

    kan ada tuh ilmu tentang psikologi warna😉

    terima kasih dan mohon maaf😮

  8. bagosbanget Says:

    wih penuh dengan filsafat, wekekekek. Kalo aku sih ga pengaruh ya mau pink ato apa kek soalnya tiap rang beda-beda gitu dah.

  9. glorya Says:

    I LuV pink…!!!!

  10. vivavinnavilla Says:

    ijin copas infonya yak, makasi ^^

  11. Gesijin Says:

    Artikel yang menarik sekali buat saya😊


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: