10 Makanan Penambah Kecerdasan

Setalah membahas 10 makan penguat sistem imun di posting yang lalu.
Nah kali ini saya akan membahas 10 makanan penambah kecerdasan otak Layaknya seperti processor yang ada di komputer yang kita pakai, ada processor yang mengolah datanya lambat banget, lambat aja, lumayan, dan ada juga yang cepet banget. Nah demikian pulalah kecerdasan otak kita, ada yang kurang, normal, dan cerdas banget. Bagi yang merasa kurang dalam kecerdasannya, mending lebih baik banyak makan makanan yang saya paparkan di bawah ini, biar tambah cerdas.
(yang udah cerdas banget kaya B.J Habibie juga boleh ko makan makanan ini, hehe free for everyone)

1)  Salmon
salmon Ikan salmon merupakan penghasil terbaik asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak kita. Riset terbaru menunjukan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak omega-3 lebih banyak, memiliki pemikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Walaupun ikan tuna juga mengandung asam lemak omega-3, namun para ahli memaparkan bahwa ikan salmon lebih banyak mengandung asam lemak omega-3.

2)  Telur
telur Sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau ini ternyata mempunyai manfaat yang besar bagi kecerdasan otak kita. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat kita.

 

3)  Selai Kacang

selai kacang Kacang tanah/peanut dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

 

4)  Gandum Murni
gandum murni Otak membutuhkan suplai atau ketersediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5)  Oat/Oatmeal
oak Oat kaya akan nutrisi penting bagi otak, oat juga dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan oleh kita ketika mengawali aktivitas di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak kita agar tetap terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan mineral seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6)  Berry/buah-buahan
berry Strawberry, cherryberry, blueberry dan blackberry (bukan merk HP). Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak pula nutrisi yang dikandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang bermanfaat mencegah kanker.

 

7)  Daging Sapi tanpa lemak
daging sapi Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu kita tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah, kampus, atupun kantor. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh kita akan terbantu dalam penyerapan zat besi dari sumber lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat.

8)  Sayuran Berwarna
sayuran Sayuran berwarna seperti tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, dan bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat. dengan mengkonsumsi sayuran setiap harinya bagi wanita, dapat mengurangi resiko terkena diabetes sebanyak 9 percent, karena kandungan sayuran tersebut seperti rendah kalori dan lemak, antioksidan yang tinggi, serat, bermacam vitamin dan mineral.

9)  Susu dan Yogurt
Susu dan Yogurt Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

10)  Kacang-kacangan
kacang Makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang.
Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega-3 daripada jenis kacang lainnya, khususnya ALA jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

Itu dia makanan-makanan penting yang dapat membantu kecerdasan otak kita dengan cerdasnya otak kita, kita juga dapat membantu program pemerintah mengenai “Mencerdaskan Anak Bangsa”.
ahaaahKayaknya saya juga perlu makan makanan yang disebutkan di atas nih!!

<source http://www.kompas.com/read/xml/2008/…tuk.kecerdasan>

About these ads

15 Tanggapan to “10 Makanan Penambah Kecerdasan”

  1. ismu Says:

    kayanya enakkkk

    bikin cerdas lagi

  2. KutuBacaBuku Says:

    gw sering makan telor tiap hari tp bukannya cerdas malah jerawatan, haa haa … mungkin harus terakumulasi semua makanan di atas

  3. vaby Says:

    nambah lagi nih ilmu q..

    penting penting
    ^^

    mantab
    d^^b

  4. yoga Says:

    Apakah itu sudah terbukti semua terus untuk takarannya seperti apa?

  5. Azis syahrul, S.Pd. Says:

    terima kasih artikelnya…

  6. kiki rahayu lukman Says:

    .info yang bagus…thanks.hihi

  7. erna Says:

    anak saya yang masih bersekolah di taman kanak kanak hampir tiap hari makan telur. makanan bergizi pun tak kurang. tapi kenapa konsentrasi dan daya ingatnya masih lemah… ketika belajar membaca dan menghafal huruf masih kesulitan

    • fauzikun Says:

      makanan itu bisa diartikan sebagai sumbernya, nah tentunya ada pelatihannya juga agar daya ingat bisa bertambah.

      misal saja ketika ingin punya otot yang kuat, binaraga selain menjaga makannya tentu dibarengi dengan latihan yang cukup.

      untuk pelatihan agar daya ingat dan konsentrasi bertambah, bisa dicari di google, banyak artikel yang memuatnya :)

  8. izty tan Says:

    thanks atas infonya…

  9. Lisna Says:

    tambah ilmuuuu… makasihh


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: