10 Makanan Penguat Sistem Imun

Sakit merupakan suatu keadaan pada tubuh yang paling tidak diinginkan oleh semua orang. Jika kamu mudah terserang penyakit, mungkin itu karena disebabkan sistem imun ditubuh kamu yang lemah karena kamu kurang mengkonsumsi makanan-makanan yang menambah sistem imun/kekebalan tubuh kamu sendiri. Biar sistem imun kamu kuat trus kamu jadi gak gampang sakit!! kayaknya kamu harus makan makanan yang dicantumin dibawah ini.

1)  Teh Hijau
teh hijau Teh hijau itu mengandung antioksidan EGCG, yang dapat mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker. Susan Bowerman, asisten direktur di Center for Human Nutrition, University of California, Los Angeles mengungkapkan "Fitonutrien pada teh juga mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan". Menurut beliau, fitonutrien bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri jahat di saluran cerna seperti E.coli, Clostridium, dan Salmonella, sehingga kerja bakteri baik tidak terganggu. Ini penting dilakukan karena, 70% sistem imunitas tubuh berada di saluran cerna. Cukup konsumsi 4 cangkir teh hijau sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

2)  Cabai
cabai “Cabai merangsang metabolisme, bertindak sebagai pengencer darah alami dan membantu mengeluarkan endorphin”, ujar Gunnar Petersen, celebrity trainer bersertifikasi. Cabai juga dapat ditambahkan ke dalam makanan tanpa menambah jumlah kalorinya. Cabai juga kaya dengan beta karoten, yang mengubah vitamin A di dalam darah dan melawan infeksi. Demikian juga capsaicin yang bertugas menghambat neuropeptida (kimia yang menyebabkan peradangan). Cabai pedas bahkan memiliki kandungan antikanker. Konsumsilah satu sendok makan cabai per hari untuk membantu badan tetap bugar.

3)  Jahe
jahe Berlawanan dengan apa yang diyakini selama ini, jahe bukanlah akar, namun batang, yang berarti mengandung senyawa hidup yang dapat meningkatkan kesehatan seseorang. Senyawa yang terkenal bermanfaat adalah gingerol, senyawa yang dapat menekan kanker seperti yang ditunjukkan berbagai studi, efektif melawan kanker kolon. Gepraklah jahe segar, tambahkan ke dalam minuman atau makanan yang hendak disantap. Semakin banyak konsumsinya akan semakin baik, Bisa menghangatkan badan juga lho dikala dingin.

4)  Bluberi
bluberiBuah kecil-kecil yang sangat ampuh ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit, mulai kanker hingga penyakit jantung”, ujar Ryan Andrews, direktur penelitian di Precision Nutrition, Toronto, Kanada. Satu piring saji atau setara dengan 3,5 ons bluberi mengandung kandungan antioksidan lebih banyak dibandingkan buah apa pun. Campurkan dengan lemon dan stroberi kemudian blender, maka akan menjadi makanan super yang ampuh memerangi berbagai penyakit.

5)  Kayu Manis atau Cinnamon Sticks
kayu manis Dikenal sebagai pemanis dan bumbu pelengkap untuk makanan India, kayu manis kaya antioksidan yang menghambat penggumpalan darah dan pertumbuhan bakteri (termasuk bau mulut yang bikin minder). “Berbagai studi juga menunjukkan bahwa kayu manis membantu menstabilkan gula darah, mengurangi diabetes tipe 2”, ujar pakar diet Nancy Clark, penulis buku Nancy Clark’s Sports Nutrition Guidebook (Human Kinetics, 1996). Bonusnya, kayu manis dapat mengurangi kolesterol jahat. Cobalah setengah sendok teh per hari, campurkan dalam minuman.

6)  Ubi Jalar
ubi jalar Percaya atau tidak, ubi jalar (sweet potato) merupakan makanan paling sehat sejagad? Ubi jalar mengandung zat glutation, sebuah antioksidan yang dapat menambah metabolisme nutrient dan meningkatkan system kekebalan tubuh, juga berfungsi memerangi penyakit Alzheimer, Parkinson, penyakit hati, cystic fibrosis, HIV, kanker, serangan jantung dan stroke. “Sepotong ubi jalar per hari cukup sebagai makanan pengganti nasi lengkap dengan manfaat hebatnya”, ujar Nancy Clark.

7)  Tomat
tomat Suka ada yang nanya, tomat itu buah ato sayuran sih??? nih jawabannya, tomat merupakan sayuran yang ampuh melawan herpes. Kandungan likopen pada tomat juga membantu memerangi penyakit degeneratif. Tomat yang dimasak dan dibuat pasta bekerja paling baik. Konsumsilah sebutir tomat atau 12-20 ons jus tomat untuk menu harian.

 

8)  Kurma/korma
kurma Kurma diperkaya dengan potasium, mangan, dan antioksidan, buah ini membantu mendukung level pH yang sesuai bagi tubuh, membuat patogen sulit masuk ke jantung pertahanan tubuh. Kandungan serat pada kurma dapat menurunkan kadar insulin dan gula darah, mengurangi risiko diabetes dan sindrom metabolik. Pilih kurma yang berkulit gelap karena mengandung lebih banyak gizi, makanlah empat kurma sehari untuk mendukung sistem kekebalan Anda.

9)  Jamur (reiki, shiitake, maitake)
jamur Jamur lezat jika ditambahkan ke nasi merah. Namun jamur tersebut juga kaya dengan antioksidan yang disebut ergothioneine, yang dapat melindungi sel-sel tumbuh dari pertumbuhan abnormal dan bereplikasi menjadi sel mutan. “Intinya, jamur dapat mengurangi risiko kanker,” ujar Susan Bowerman, yang merekomendasikan konsumsi jamur setengah cangkir untuk dua kali seminggu. Masaklah dengan anggur merah, yang mengandung antioksidan resveratrol, akan meningkatkan daya tahan tubuh.

10)  Delima
delima Jus buah delima dapat mengurangi risiko kanker, berkat kandungan polifenol yang disebut ellagitannin yang memberi warna pada buah. Studi terbaru di UCLA menemukan bahwa jus buah delima memperlambat sel kanker prostat dengan sebuah faktor enam. “Minum secangkir jus delima setiap hari”, saran Bowerman.

 

Gimana tuh??? pasti ada dong beberapa makan diatas yang udah rutin kamu makan setiap hari, klo belum makan semua ato bahkan belom pernah makan sama sekali buruan deh masukin di menu makan kamu sehari-hari biar gk gampang sakit. Karna kesehatan itu mahal harganya.

<source by www.citramedika.com>

About these ads

7 Tanggapan to “10 Makanan Penguat Sistem Imun”

  1. tupaitambun Says:

    Cabai?? oooh, ternyata cabai juga bagus bwt kesehatan ya sob..
    kemaren saya mulas2 karena makan cabai….!! aargh.. misi2 numpang tanya, “ari wc umum nu aya cai na dmana nya?? WC saya kekeringan sih”… haha

  2. Maria Says:

    Sepertinya sih emang berkasiat, tapi bagaimana menyiasatinya untuk orang yang punya penyakit MAAG?
    Trimz

  3. shelvy Says:

    kalo coklat, ayam, bawang merah, bawang putih, keju, roti berbahaya kah jika di konsumsi secara terus menerus?

  4. rien Says:

    jelas. menurut saya coklat,ayam,keju,dan roti merupakan sumber karbohidrat, lemak, dan protein , maka jika jika dikonsumsi berlebihan tentunya akan membawa dampak buruk seperti penumpukan TG pada jaringan adiposa yg menyebabkan kegemukan, serta peningkatan LDL dalam darah yg menyebabkan kolesterol dan peningkatan kadar glukosa dalam darah yg menyebabkan diabetes . trimakasih .

  5. tahseenah Says:

    “kurma”..bagi umat muslim disunnahkan nih sarapan buah yang satu ini, klo baca di buku sejarah, nabi muhammad sarapannya satu gelas madu dan 7 butir kurma, pantes aja jarang sakit :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: